Rabu, 16 November 2016

PESAN UNTUK MAMA

Mamaku, sayang, aku mau cerita sama Mama. Tapi ceritanya pakai surat ya. Kan Mama sibuk, capai, dan kalau pulang sudah malam. Kalau aku banyak ngomong, nanti mama marah kaya kemarin itu. Aku jadinya takut nangis. Kalau pakai surat, kan Mama bisa baca sambil tiduran. Kalau nggak sempat baca surat ini, bisa disimpan sampai besok. Pokoknya bisa di baca kapan aja, deh. Boleh juga suratnya dibawa ke kantor.
Ma, boleh nggak aku minta ganti Mbak? Mbak Jum sekarang suka galak, Ma. Kalau aku nggak mau makan, piringnya dibanting di depanku. Kalau siang aku disuruh tidur melulu, nggak boleh main, padahal Mbak kerjanya cuma nonton TV. Bukannya dulu kata Mama, Mbak itu tugasnya buat nemenin aku main? Terus, aku pernah liat Mbak lagi ngobrol sama tukang roti di depan teras. Padahal, kata Mama, nggak boleh ada tukang-tukang yang masuk rumah, kan? Kalau aku bilang gitu sama Mbak, Mbak marah banget dan katanya kalau diaduin sama Mama, dia mau berhenti kerja. Kalau dia berhenti, berarti nanti Mama repot, ya? Nanti Mama nggak bisa kerja, ya? Nanti nggak ada yang menjaga aku di rumah, ya? Kalu gitu, susah ya, Ma? Mbak nggak diganti juga nggak apa-apa. Tapi Mama bilang dong, jangan galak sama aku.
Ma, bisa nggak hari kamis sore Mama nagnter aku ke lomba nari Bali? Pak Husin sih selalu nganter, tapi dia kan cowok, Ma. Nanti yang dandanin kau siapa? Mbak Jum nggak ngerti dandan. Ntar aku kayak lenong. Mama kan kalo dandan cantik.
Temen-temenku yang nganterin juga mamanya. Waktu lomba gambar minggu yang lalu, Pak Husin yang nganter. Bosan, Ma. Lagian, aku ingin ngasih liat sama temen-temenku kalau mamaku itu cantik banget. Aku kan jadi bangga, Ma. Temen-temen tuh nggak pernah liat Mama. Pernah sih liat, tapi itu tahun lalu pas aku baru masuk SD. Mereka jadinya udah lupa sama tampangnya Mama.
Ma, hadiah ulang tahun mulai tahun ini nggak usah dibeliin, deh. Uangnya Mama tabung aja. Trus, nggak usah dibeliin baju sama mainan mahal lagi, deh. Uangnya Mama tabung aja. Kalau uang Mama udah banyak, kan Mama nggak usah kerja lagi,. Nah, itu baru sip namanya. Lagian, mainanku udah banyak dan lebih asik main sama Mama kali, ya?
Udah dulu ya, Ma. Udah ngantuk. I love you, Ma…. (aku Tanya Bu Guru. Katanya itu artinya “aku cinta padamu”. Jadi, aku juga boleh mencintai Mama,ya).

Pesan: perasaan seorang anak terkadang sulit ditebak. Adahal-hal mulia di sana sementara sebagai orang tua kadang kita penuh prasangka. Belajarlah dari sisi anak menilai sebuah masalah karena di sana akan Anda temukan sebuah kejernihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan benar
tolong beri penilaian untuk karya saya