Sabtu, 17 Desember 2016

GADIS 13 TAHUN PENGIDAP KANKER YANG MENGINSPIRASI

Apakah anda mengenal sosok Talia Joy Castellano yang dikenal sebagai gadis kecil yang berjuang melawan penyakit kanker sepanjang hidupnya? Yah, dia adalah gadis yang menginspirasi dunia dengan kepercayaan dirinya mengunggah tutorial make up di YouTube. Meski divonis oleh dokter mengidap penyakit yang mematikan , ia tetap menyebarkan semangat hidup dengan aktif berbagai tips kecantikan dan fashion di blog pribadinya kepada banyak orang.
Semangat hidup Talia memang sangat menginspirasi. Ia tidak terlihat sebagai anak yang menyandang penyakit kanker karena selera humor dan kepribadiannya selalu ceria. Setelah kehilangan rambutnya karena kemoterapi, Talia tidak lantas memakai wig. Ia memilih bermain dengan make up untuk meningkatkan rasa percaya dirinya dan berhasil membuat tutorial kecantikan melalui YouTube. Videonya bahkan sudah ditonton lebih dari delapan juta kali.
Kira-kira tahun 2012,dia mem-posting sebuah video yang lebih pribadi yang ditujukan kepada fansnya mengenai ketakutannya saat membutuhkan perawatan sumsum tulang. Dengan sikap tenang dan meyakinkan, dia berkata, “Mengidap kanker adalah sebuah hadiah, tapi hadiah yang mengerikan dan menakutkan. Tapi aku sudah begitu banyak mendapatkan manfaat dari itu. Perjalanan memiliki kanker sangat mengagumkan.tapi setiap perjalanan… ada akhirnya.”
Dalam video lain, Talia pernah menyebutkan bahwa mimpinya adalah merias wajah Ellen DeGeneres,seorang bintang talkshow di negaranya. Pada September 2012, impiannya menjadi kenyataan setelah bintang talkshow tersebut mengundangnya ke acaranya. Ellen memberikan surprise: Talia diundang menjadi model kehormatan majalah CoverGirl.
“Bagaimana kamu tetap begitu positif?” tanay DeGeneres kala itu kepada Talia. Tanggapan Talia ketika itu, “Ketika orang bertanya kepada saya bahwa saya (menderita) seperti ini, apa jawaban yang Anda inginkan dari saya? Menjadi depresi?”
Talia pertama kali didiagnosis dengan penyakit neuroblastoma, jenis penyakit kanker yang lama dan agresif, pada 2007. Ketika itu, usianya baru tujuh tahun. Dia menjalanni perawatan intensif, tetapi pada tahun berikutnya penyakit ini kembali menjangkitnya. Talia juga didiagnosis dengan leukemia.
Campur tangan medis secara intensif gagal menangkap kondisinya, dan pada akhir April lalu Talia dirawat di MD Anderson Cancer Center di Orlando, Florida, untuk menjalani serangkaian tes dan terapi radiasi, kemudian ia dipindahkan ke Rumah Sakit Arnold Palmer untuk anak-anak. Ibunya, Desiree, terus memberikan kabar mengenai kondisi Talia kepada para penggemar dan simpatisan melalui halaman Facebook Talia, Angel for Talia.
Pada Selasa (16/7/2013) lalu, akun tersebut mengumumkan bahwa Talia telah pergi untuk selamanya. “Ini merupakan berita terberat yang akan kami sampaikan kepada Anda semua. Bahwa Talia telah meninggalkan kita untuk selamanya pada pukul 11:22 waktu setempat. Talia pergi menuju tempat yang indah dengan cahjaya indah ke surga. Mohon kirimkan doa dan cinta untuknya di sana. Tuhan mempunyai caranya sendiri untuk mengangkat jiwa mungil yang telah menemani kita selama ini dengan ceria. Kami akan merindukanmu Talia, lebih daripada yang pernah Anda akan tahu….” Demikian bunyi pesan tersebut.
Begitu cepat kabar kepergian Talia menyebar di media social. Banyak dari penggemarnya yang mengungkapkan rasa kehilangan meraka atas kepergian Talia. Seiring dengan kepergian Talia, majalah CoverGirl yang pernah menjadikannya model sampul merilis pernyataan di akun Twitter mereka, “Talia Castellano adalah makna sebenarnya dari majalah CoverGirl.”
Ellen DeGeneres juga mengungkapkan belasungkawanya dengan menulis, “Tahun ini saya bertemu dengan seorang gadis yang sangat istimewa dan hari ini kita kehilangan dia. Saya kirimkan hati saya kepada keluarga Talia. Saya sangat sedih.”
Pesan: Tidak mudah untuk mereka yang terkena penyakit seperti kanker bisa membuatsesuatu yang menginspirasi dunia.
Saya punya teman dan saudara yang juga kena kanker. Saya tahu penderitaannya. Bahkan beberapa orang di antaranya saya tahu persis hingga menjelang wafatnya. Jadi saat membaca sebuah kisah bahwa ada seorang gadis kecil berumur 13 tahun yang mengidap kanker ganag bisa dengan ceria menjalani hidupnya, bertarung sekaligus berkompromi dengan kankernya, membuat saya terpana dan kagum padanya. Bahkan gadis ini tetap merasa bahagia dengan penyakitnya dan seakan melupakan jika dia sedang sakit berat. Apa yang ada dalam pikirannya adalah bisa berbagi untuk orang lain. Tips dandanannya membuat orang lain yang menonton tampilannya memahami arti sebuah semangat yang ada dalam diri gadis ini untuk tetap bertahan hidup meski maut mengintainya dengan pasti. Semoga kita bisa meniru semangat hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan benar
tolong beri penilaian untuk karya saya